3 Hal Penting Diperhatikan Sebelum Beli Genset Idaman

Listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dalam hidup manusia. Hanya saja bergantung pada sumber listrik utama saja tidaklah cukup, mengingat fenomena pemadaman masih sering ditemukan di berbagai daerah. Demi memenuhi kebutuhan listrik dengan daya besar, maka membeli genset solar adalah pilihan tepat. Berikut hal penting sebelum membelinya.

Hal Penting Diperhatikan Saat Beli Genset

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Jauh hari sebelum membeli genset, dianjurkan untuk menghitung besaran daya listrik yang dibutuhkan agar semua peralatan listrik menyala sempurna. Mulailah dengan menghitung banyaknya peralatan elektronik beserta dengan besaran dayanya. Kemudian hasil penjumlahan daya akan menjadi patokan dalam menentukan besaran kapasitas listrik genset solar.

Dianjurkan membeli genset dengan kapasitas daya jauh lebih besar dibandingkan hasil penjumlahan sebelumnya. Cara ini merupakan bentuk antisipasi ketika kelak Anda membeli peralatan elektronik penunjang aktivitas harian. Alhasil Anda tidak perlu mengganti genset solar yang lama agar menghasilkan listrik berkualitas sesuai kebutuhan.

2. Kemudahan Mendapatkan Bahan Bakar

Hal Penting Diperhatikan Saat Beli Genset

Tidak perlu tergesa gesa dalam memilih genset solar idaman. Sebab Anda perlu memastikan bahwa bahan bakar yang dibutuhkannya mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal, karena setiap produk genset menggunakan jenis bahan bakar yang berbeda pula. Oleh sebab itu, pelanggan diminta lebih teliti sebelum membelinya.

Jika tidak mengetahui cara membedakannya, jangan pernah ragu meminta tolong kepada toko jual genset terdekat sebagai alternatifnya. Berkat bantuan dari sang ahli yang sudah bergelut di bidang yang sama, Anda bisa menemukan genset solar terbaik. Kemudahan mendapatkan bahan bakar, akan memudahkan sang pemilik di masa mendatang.

3. Membeli Produk Genset Berkualitas

Membeli genset solar dari produk ternama tampaknya lebih meyakinkan, karena kualitasnya telah dikenal luas oleh masyarakat. Selain unggul dari segi kualitas, umumnya merk ternama dilengkapi dengan spare part yang mudah didapatkan serta adanya layanan pasca jual. Mendapatkan produk ternama dengan kualitas jempolan adalah keuntungan yang bisa didapatkan.

Membeli genset tidak mudah seperti yang dibayangkan, karena ada berbagai pertimbangan perlu dipikirkan. Cara ini dilakukan agar mendapatkan genset berkualitas sesuai kebutuhan, sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Alhasil Anda tidak boleh terburu buru membeli genset meski dalam kondisi terdesak sekalipun.

Tagged :

Agar Tidak Mudah Rusak, Hindari 3 Kebiasaan Buruk Menggunakan Genset Berikut !

Genset solar menjadi salah satu alat yang dapat diandalkan dalam keadaan darurat, seperti terputusnya arus listrik utama ataupun saat terjadi bencana. Agar kondisinya tetap prima, tentu saja Anda harus merawatnya dengan rutin sebagai alternatifnya. Selain memberikan perawatan rutin, sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan kerusakan dini. Berikut ulasannya.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Genset

1. Simpan di Tempat Aman

Umumnya para pemilik genset solar menyimpannya di pekarangan rumah atau di sebuah ruangan bawah tanah. Mengapa demikian ? Sebab alat pembangkit listrik ini menghasilkan gas beracun bernama karbon monoksida ketika mesinnya menyala. Walau gas tersebut tidak terlihat, namun dapat mempengaruhi kesehatan paru paru akibat terlalu sering menghirupnya.

Inilah alasan mengapa genset solar lebih aman jika diletakkan di luar ruangan. Anda juga perlu menambahkan atap dan box canopy untuk meredam suara getaran sekaligus menjadi perlindungan dari sinar matahari dan hujan. Jika pun harus menyimpannya dalam ruangan, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik agar tidak terjadi penumpukan gas beracun.

2. Mengisi Bahan Bakar Saat Mesin Panas

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Genset

Rutin mengisi bahan bakar termasuk rangkaian perawatan pada genset solar. Namun disarankan untuk tidak mengisinya dikala mesin dalam kondisi panas. Sebab bahan bakar seperti solar termasuk bahan kimia yang memiliki sifat mudah terbakar dan meledak jika terkena percikan api. Sedangkan panas dari mesin bisa menjadi pemicu munculnya percikan api.

Di sisi lain, umumnya tangki bahan bakar berada di bagian atas mesin genset solar. Apabila terdapat tumpahan solar pada permukaan mesin yang panas, ditakutkan dapat menjadi pemicu percikan api atau bahkan ledakan dahsyat. Dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, oleh sebab itu pengguna disarankan mengisi bahan bakar saat mesin dalam kondisi dingin.

3. Bahan Bakar Basi

Genset merupakan alat pembangkit listrik cadangan yang hanya dicari saat keadaan genting. Alhasil bahan bakar yang tertampung pada tangki genset solar akan mengendap dalam waktu yang cukup lama hingga memunculkan kerak. Sedangkan penumpukkan kerak yang terus menebal dapat menurunkan performanya secara perlahan.

Memberikan perawatan rutin pada genset kesayangan saja tidaklah cukup agar kondisinya tetap prima setiap hari. Sebab Anda juga perlu menghindari kebiasaan buruk seperti mengisi bahan bakar ketika mesin dalam keadaan panas, tidak pernah mengganti bahan bakar, hingga menyimpan di tempat yang lebih aman. Dengan menghindarinya, maka resiko kerusakan dapat ditekan.

Tagged :

Tips Perawatan Genset Solar Sederhana Untuk Menjaga Performanya

Mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas yang cukup besar dan lebih praktis dalam pengisian bahan bakar, membuat genset solar terlihat lebih unggul dibandingkan dengan jenis genset lainnya. Agar performanya tetap terjaga dan tetap awet terjaga, penting untuk merawatnya secara rutin. Berikut rangkaian perawatan yang bisa Anda berikan kepada genset kesayangan.

Tips Merawat Genset dengan Benar

1. Sesuaikan dengan Buku Manual

Ketika membeli genset, distributor resmi akan memberikan buku manual yang berisikan tentang deskripsi produk hingga tips merawatnya dengan benar. Banyak informasi penting disajikan dalam bukunya, sehingga Anda tidak boleh melewatkan berbagai hal penting untuk mempelajarinya. Usai membacanya hingga tuntas, praktekkan tips yang diberikan untuk menjaga performa mesinnya.

Jangan pernah sesekali mencoba menghidupkan mesin secara acak tanpa memperhatikan petunjuk pada buku manual. Pasalnya kebiasaan buruk ini dapat mempercepat kerusakan pada mesinnya. Penurunan performa memang tidak terasa secara langsung, namun lambat laun kerusakan genset solar semakin nyata di depan mata.

2. Simpan di Tempat yang Aman

Tips Merawat Genset dengan Benar

Jangan biarkan genset terpapar sinar matahari berlebih atau terkena tetesan hujan. Sebab kedua kondisi tersebut dapat mempercepat resiko kerusakan akibat munculnya karat dan korosi. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, penting untuk menyimpan genset solar di tempat aman dan pastikan ruangan tidak terlalu lembab.

Jika hendak menyimpannya di luar ruangan, sebaiknya siapkan atap dan box canopy agar genset mendapatkan perlindungan unggul. Atap akan membantu menurunkan resiko terpapar sinar matahari, sedangkan box canopy dapat mencegah tetesan air hujan masuk ke dalam mesinnya sekaligus menekan suara getaran mesin saat dinyalakan.

3. Periksa Kondisi Kabel

Periksalah kondisi kabel secara menyeluruh sebelum mesin genset solar dinyalakan. Sebab kabel yang terlepas atau bahkan terputus, merupakan faktor penyebab terjadinya korsleting atau ledakan. Demi keselamatan bersama, tentu saja mengganti kabel yang rusak bisa menjadi solusi tepat menangani permasalahan tersebut.

Layaknya peralatan elektronik pada umumnya, sang pemilik harus rutin memberikan perawatan agar performanya tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Bahkan perawatan harus tetap dilakukan meski mesin jarang dioperasikan sekalipun. Dengan melakukannya dengan rutin, kondisinya yang prima siap digunakan kapanpun ketika dibutuhkan.

Tagged :

Ikuti 3 Aturan Keselamatan Mengoperasikan Genset Solar Demi Keselamatan Diri

Genset solar merupakan alat pembangkit listrik cadangan yang mampu hasilkan listrik berkapasitas nuklir. Besaran daya yang mampu dihasilkannya bahkan dapat memenuhi ketersediaan listrik pada satu hunian. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan aturan keselamatan ketika menggunakannya agar terlepas dari maut.

Aturan Keselamatan Dalam Menggunakan Genset

1. Mengganti Kabel yang Rusak

Memeriksa kondisi kabel genset sebelum digunakan merupakan rangkaian perawatan rutin yang harus dilakukan. Ketika mendapati kabel yang rusak, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk segera menggantinya. Dianjurkan untuk membeli kabel genset solar baru dengan kualitas terbaik agar performa mesinnya tetap terjaga.

Kabel berkualitas tentu memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa. Namun besarnya anggaran yang dikeluarkan justru menjadi alasan membeli kabel biasa menjadi solusinya, akibat terbenturnya besaran anggaran yang harus dikeluarkan. Padahal membeli kabel berkualitas bisa menjadi bentuk investasi agar genset lebih awet puluhan tahun ke depan.

2. Memeriksa Tempat penyimpanan

Aturan Keselamatan Dalam Menggunakan Genset

Mesin genset solar akan mengeluarkan karbon monoksida setiap kali mesin menyala. Karbon monoksida sendiri merupakan gas beracun yang dapat merusak kesehatan paru paru manusia, sehingga Anda tidak boleh menghirupnya terlalu banyak. Oleh sebab itu, banyak pemilik genset yang menyimpannya di luar ruangan sebagai alternatifnya.

Anda bisa menambahkan atap serta box canopy agar terhindari dari sinar matahari dan hujan. Jika terpaksa menyimpan genset solar di dalam rumah, pastikan ruangan tersebut telah dilengkapi dengan ventilasi udara. Cara ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penumpukan gas beracun di dalam ruangan dan menyebar ke seluruh bangunan.

3. Jauhkan Bahan Bakar dengan Mesin

Bahan bakar seperti solar termasuk zat kimia berbahaya karena mudah terbakar dan meledak ketika terkena percikan api. Dengan kata lain, Anda tidak boleh meletakkan tempat penyimpanan bahan bakar dengan mesin genset solar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya kebakaran akibat kecerobohan pemiliknya.

Besarnya daya listrik yang mampu dihasilkan oleh genset, membuat pengguna menyadari pentingnya mematuhi aturan keselamatan ketika mengoperasikannya. Tidak boleh dilakukan sembarangan, karena kekuatan daya listrik tersebut dapat mendatangkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Taati aturan keselamatan yang ada agar jauh dari serangan maut.

Tagged :

4 Gangguan Listrik Yang Menyadarkan Pentingnya Genset Solar

Listrik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang hidup di era 4.0. Sayangnya arus listrik utama sering terjadi gangguan, sehingga manusia tidak dapat melanjutkan aktivitasnya kembali. Kondisi ini menyadarkan masyarakat akan pentingnya genset solar sebagai sumber listrik cadangan. Apa saja gangguan listrik yang hingga kini masih terjadi ?

Berbagai Bentuk Gangguan Listrik

1. Black Out

Black out atau pemadaman secara total merupakan gangguan listrik yang hingga kini masih menjadi momok menakutkan. Ketika sumber arus listrik utama terputus, otomatis segala aktivitas manusia akan lumpuh sementara hingga arus utama terhubung kembali. Adanya perbaikan atau kecelakaan kerja, adalah salah satu faktor penyebab pemadaman mendadak.

Namun kondisi ini tidak terlalu menakutkan ketika Anda memiliki genset solar. Berkat adanya alat pembangkit listrik cadangan ini, manusia dapat melanjutkan aktivitasnya tanpa terhambat oleh terputusnya arus listrik utama. Alhasil segala pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu sesuai perkiraan sekaligus menekan angka kerugian.

2. Brown Out

Jika black out adalah pemadaman total, maka brown out adalah kondisi dimana arus listrik mengalami penurunan hingga mencapai 50%. Ketika kondisi ini terjadi, peralatan elektronik yang membutuhkan daya cukup besar untuk menyala akan mati total dan menyisakan perangkat elektronik berdaya kecil. Tentu saja masalah ini dapat diselesaikan berkat adanya genset solar.

3. Surge and Spike

4 Gangguan Listrik Yang Menyadarkan Pentingnya Genset Solar

Kebalikan dari Brown out, kali ini tegangan listrik justru meningkat tajam dibandingkan seharusnya. Beruntungnya kondisi ini tidak menimbulkan kerugian karena tegangan dapat kembali normal seperti biasanya dalam hitungan detik. Meski demikian, tidak ada salahnya mempersiapkan genset sebelum pemadaman total benar benar terjadi.

4. Noise

Noise merupakan kondisi dimana tegangan listrik dalam keadaan naik dan turun. Apabila kondisi ini terus berlanjut disertai dengan perubahan tegangan cukup signifikan, ditakutkan merusak peralatan elektronik kesayangan. Namun permasalahan ini dapat diatasi dengan cepat berkat genset solar yang mampu hasilkan listrik berkualitas dan cenderung stabil.

Terputusnya arus listrik utama sangat merugikan berbagai pihak. Selain aktivitas harian menjadi terhambat, kondisi ini dapat mempercepat kerusakan peralatan elektronik lainnya. Beruntungnya kini telah tersedia genset dengan kapasitas cukup besar yang siap menghantarkan daya listrik cadangan kapanpun dibutuhkan.

Tagged :

Spesifikaksi Genset Lovol Terbaru

Siapa disini yang tidak tahu merek genset yang satu ini. Pabrikan genset ini juga sudah pernah bekerja sama dnegan pabrikan genset terkemuka dunia sehingga genset ini mampu bersaing dengan pabrikan lainnya. Jual genset lovol dengan spesifikasi terbaru ini sudah sangat teruji dan banyak sekali direkomendasikan oleh para pelaku usaha maupun untuk perkantoran. Seperti dikatakan sebelumnya bahawa genset ini juga pernah bekerja sama dengan merek genset ternama dunia yaitu genset perkin. Siapa sih disini yang tak tahu genset perkins. Merek satu ini tentunya sudah melalang buana dikalangan usahawan Indonesia. Memang kedua genset ini pernah melakukan kerja sama sehingga sprsifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh kedua genset ini pun hampir sama. Selain itu kualitas dan performa dari kedua genset ini pun bisa dibilang sangat mirip sehingga kedua genset ini bisa menjadi genset paling popular sekarang ini. Kedua merek genset ini pun banyak dicari konsumen.

Tempat Jual genset lovol terbaru menawarkan harga yang lebih terjangkau dari pada genset perkin. Hal ini yang menjadi salah satu perbedaan terbesar di segi harga yang terpaut lumayan jauh dengan spesifikasi yang tak kalah dari kedua merek ini.  Jual genset lovol dibekali dengan mesin berdaya 45-135 Kva yang sudah menerapkan system injeksi pada suplai bahan bakarnya sehingga bahan bakar yang digunakan akan sangat irit. GAC pada system injeksi bahan bakar akan membuat bahan bakar lebih efisien dan akan sangat menghemat baahan bakar. Selai itu genset ini juga sudah disematkan system berbasis computer dengan software bawaan yang tentunya akan snagat mudah dalam mengatur settingan dari genset ini. Kita juga bisa mengecek kondisi dan performa dari genset ini secara langsung melalui computer sehingga kita akan mampu mengetahui bagaimana kondisi dari genset yang tengah bekerja. Selai itu system peredam dari genset ini juga sudah menggunakan fitur terbaru yang lebih diam sehingga suara yang ditimbulkan tidak terlalu bising. Tentunya hal ini menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihian genset keinginan anda.