3 Cara Mudah Mengetahui Apakah AVR Genset Rusak atau Tidak

Penggunaan genset yang hanya di pakai pada waktu-waktu tertentu menjadi salah satu penyebab genset mudah bermasalah. Genset yang bermasalah bisa saja terjadi karena generator set yang jarang dipanasi, aki lemah, ataupun AVR genset yang rusak.
Untuk mengetahui apakah mesin genset tersebut rusak atau tidak, tentu hal ini menjadi perkara yang tidak mudah. Perlu adanya cara tertentu untuk mengetahuinya. Berikut ini cara-cara mengetahui apakah mesin avr generator set mengalami kerusakan atau tidak.
1. Menggunakan Alat bantu Multitester
Cara pertama untuk mengetahui AVR genset yang terkendala/ rusak bisa dengan mengecek seluruh jalur pada kabel yang ada di AVR. Anda bisa menggunakan bantuan alat multitester ini. Salah satu tanda jika jalur kabel terputus jarum di multitester ini tidak bergerak sama sekali. Multitester ini akan membantu di dalam mengecek tegangan di dalam AVR genset.
2. Mengecek Tegangan Mesin Genset
Cara kedua yaitu dengan melakukan pengecekan pada tegangan mesin genset. Sekring AVR yang terputus bisa menyebabkan tegangan tidak akan keluar. Tegangan yang tidak keluar bisa menjadi salah satu pertanda bahwa AVR bermasalah. Setelah itu, Anda bisa mencari tahu mengenai bagian mana pada AVR yang sedang mengalami kerusakan. Setelah itu, barulah segera memperbaikinya.
3. Mengamati Fisik Pada Generator Set
Mengecek perubahan fisik genset bisa menjadi bagian yang penting untuk mengetahui apakah AVR pada mesin genset mengalami kerusakan atau tidak. Misalkan saja terdapat komponen AVR yang pecah, retak atau bahkan sampai meleleh. Tentu hal ini bisa menjadi perhatian dan perlu dilakukan penanganan secara serius. Jika menemukan hal tersebut maka segeralah untuk mengganti dengan sparepart yang baru. Dengan seketika, AVR genset akan kembali bisa bekerja dengan normal dan lancar.
Genset merupakan alat tambahan pembangkit listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menstabilkan daya listrik yang kecil. Meskipun genset jarang sekali digunakan, namun genset sangat perlu dilakukan perawatan agar mesin AVR genset tidak megalami kerusakan. Agar genset juga tidak mengalami mogok beroperasi.

Tagged : /