Perbandingan Dua Produk Genset 100 KVA


Kegiatan bisnis tentu akan sangat terganggu ketika terjadi pemadaman. Kalau tidak ada sumber arus listrik alternatif, bahkan bisa saja pekerjaan yang ada menjadi terhenti. Untuk itulah, peran dari suatu genset menjadi sangat penting. Dengan semakin tingginya ketergantungan orang pada peralatan elektronik, keberadaan generator memang sangat diperlukan untuk menjamin kegiatan bisnis tetap berjalan walau sedang ada pemadaman listrik. Salah satu kategori kapasitas yang umum digunakan adalah genset 100 kva. Dengan output setara 80 kilowatt, tentu hal tersebut akan cukup untuk sektor bisnis dengan skala menengah ke atas.

Ada beberapa variasi genset yang bisa dijumpai di beragam distributor untuk kapasitas 100 kva tersebut. Sudah pasti, ukurannya akan sangat besar dan bobotnya akan melebihi 900 kg. Salah satu rekomendasi produk yang bisa dipertimbangkan adalah genset 100 kva yang menggunakan mesin Cummins. Tipe produknya adalah HT 100 CD. Guna memastikan mesin tetap bekerja optimal dan bisa memberikan daya yang stabil, sistem empat silinder digunakan. Ukurannya pun memang besar karena keseluruhan unit genset 100 kva ini mencapai panjang hampir tiga meter dengan bobot lebih dari 1500 kg. Di sektor bahan bakar, tangki dengan volume maksimal 175 liter tersedia. Karena ukuran yang besar dan daya yang dihasilkan pun tinggi, tentu konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 22 liter per jam.

Pastinya, tidak hanya produk yang ditenagai mesin Cummins yang bisa ditemukan. Opsi lain yang tak kalah bagusnya adalah genset 100 kva dengan mesin Volvo. Masih dengan sistem empat silinder, daya sebesar 80 kilowatt bisa dialirkan dengan baik dan cukup stabil sehingga kerusakan pada peralatan listrik yang terhubung pun bisa dicegah. Secara ukuran dan bobot, genset 100 kva ini memang lebih kecil dari rekomendasi pertama yang menggunakan mesin Cummins. Panjangnya saja hanya di kisaran 2,7 meter dan bobotnya di kisaran 1700 kg. Tangki bahan bakar pun mempunyai volume lebih kecil, yaitu 120 liter. Untuk penggunaan jangka panjang, ketersediaan bahan bakar memang perlu dicek secara berkala karena kondisi full tank hanya akan cukup untuk penggunaan sekitar 5 jam saja. Tapi setidaknya, genset sudah menggunakan sistem silent sehingga suara mesin akan teredam dan tidak akan menimbulkan gangguan.